Selasa, 09 Mei 2017

SEMINAR NASIONAL GURU PENDIDIKAN DASAR BERPRESTASI Membangun Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Era Global


Jakarta, 9 Mei 2017. Bentuk partisipasi Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Subdit Kesejahteraan Penghargaan dan Perlindungan (Kesharlindung) dalam rangka bulan pendidikan tahun 2017 menyelenggarakan beberapa kegiatan, salah satunya adalah Seminar Nasional Membangun Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar dalam Era Global bertempat di Swiss-Belhotel-Internasional Jakarta. Kegiatan seminar dilaksanakan 9-12 Mei 2017. Peserta seminar adala guru pendidikan dasar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berasal dari Nanggroe Aceh Darusalam hingga Papua. Peserta seminar berjumlah 260 guru yang lolos seleksi abstrak dari 1300 pengirim. Peserta yang lolos  seleksi abstrak kemudian mengirimkan makalah/artikel untuk dicek similarity, citacy  dan dinyatakan layak oleh reviewer. Makalah yang dinyatakan layak untuk dipresentasikan sebanyak 100 makalah dan 50 makalah akan dipresentasikan dalam bentuk poster. Makalah yang dipresentasikan akan dimasukkan dalam prosiding.
Direktur Pembinaan Guru Pendidikan  Dasar Poppy Dewi Puspitawati menyampaikan “Guru mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Agar guru dapat melaksanakan tugasnya secara optimal, maka guru wajib meningkatkan profesionalismenya melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan”. Pengembangan profesi berkelanjutan dapat dilaksanakan melalui berbagai cara, salah satunya adalah melatih kemampuan menulis karya ilmiah berupa gagasan atau hasil penelitian. Karya ilmiah dapat dipublikasikan kepada khalayak melalui forum ilmiah salah satunya seminar.

Menurut Drs. A. Hendra Sudjana, M. Ed. Kasubdit Kesharlindung Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar “kegiatan seminar adalah pertama kali di Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) sebagai wujud dukungan gerakan literasi nasional”. Kedepannya makalah-makalah yang sudah dpresentasikan akan diseleksi lagi dan dimasukkan ke dalam jurnal. Kegiatan pembukaan seminar sekaligus Ilaunching jurnal Didaktika sebagai wadah publikasi ilmiah guru pendidikan dasar.
Kegiatan seminar ini bertujuan agar guru memperoleh pengalaman tentang menulis, mempresentasikan dan mendiseminasikan karya tulis ilmiah dalam forum seminar nasional. Selain itu, forum seminar tersebut guru dapat memperoleh angka kredit dari karya tulis ilmiah yang dipresentasikan atau yang disajikan dalam bentuk poster. Perolehan beberapa angka kredit menjadi akumulasikan persyaratan kenaikan pangkat. (Bayu W)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar